Pages

Bulu Perindu Aura

Senin, 06 Februari 2012

Terlahir Tanpa Ginjal, Gadis Cilik ini Harus 27 Kali Operasi Besar

 Ginjal memiliki peran untuk tubuh manusia. Malangnya, seorang gadis cilik terlahir tanpa ginjal dan untuk bertahan hidup selama 10 tahun ia harus menjalani 27 kali operasi besar.

Alice Skinner (10 tahun) yang berasal dari Hartlepool, terlahir tanpa organ ginjalkarena gagal berkembang saat ia masih di dalam kandungan. Namun setelah beberapa tahun pengobatan, tes dan 27 kali operasi besar, ia sekarang sudah bisa melihat masa depan dan merayakan ulang tahun ke-11 dengan ginjal baru.

Operasi terakhirnya terjadi pada dua pekan lalu, setelah sebelumnya selalu menjalani dialisis(cuci darah) yang berpengaruh pada kakinya. Kaki Alice bengkok dan tampak seperti busur.

"Ada saat-saat ketika kami pikir dia tidak akan berhasil," jelas ayahnya George (41 tahun), seperti dilansir Dailymail, Senin (6/2/2012).

Kondisi Alice mempengaruhi 1 dari 1 juta kelahiran di Inggris dan ia nyaris meninggal berkali-kali.

Ketika berumur 6 bulan, ia menjadi orang termuda di Inggris yang menerima dialisis (cuci darah). Keluarganya kemudian melakukan perjalanan 3 kali seminggu ke Royal Victoria Infirmary di Newcastle untuk melakukan cuci darah sambil menunggu donor yang cocok untuktransplantasi.

Kedua orangtuanya tidak cocok untuk dijadikan donor dan dokter mulai kehabisan pembuluh darah vena untuk menempatkannya pada dialisis.

Pada bulan April 2008 lalu, Alice akhirnya menjalani transplantasi donor yang cocok namun tidak sempurna, karena saat itu tidak ada donor yang benar-benar cocok untuknya.

Operasi itu memungkinkannya untuk minum soda, makan cokelat, keripik dan makanan lainnya yang sebelumnya terlarang bagi gadis kecil ini. Namun setahun kemudian, kondisinya mengalami kemunduran dan membutuhkan operasi otak setelah terjadi penumpukan cairan di otaknya.

"Para ahli bedah benar-benar terkejut dia berhasil melewatinya dan berkata 'Kami tidak tahu bagaimana dia masih di sini'. Menjalani dialisis selama 7 tahun menimbulkan masalah pada dirinya. Kondisi itu juga mempengaruhi kadar kalsiumnya karena tidak ada penyerapan melalui ginjal, sehingga lututnya menjadi bengkok," jelas ayahnya.

Untuk mengatasi lututnya, Alice perlu menjalani operasi untuk memasukan dua engsel ke kedua lututnya. "Dia menjalani 27 operasi besar selama 10 tahun dan itu cukup luar biasa bagi siapa pun," ujar George.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar